Majalahunik.com : Pesan Tersirat Kisah Ibrahim

| Senin, 07 November 2011

Majalahunik.com : Pesan Tersirat Kisah Ibrahim


Pesan Tersirat Kisah Ibrahim

Posted: 06 Nov 2011 11:13 PM PST

Begitu beratnya Ibrahim melakukan perintah Allah untuk menyembelih anak kesayangannya, Ismail. Ketika Ibrahim melangkah ke luar rumah sambil menuntun putranya, Ismail, menuju tempat penyembelihan, langkah perjalanan tidaklah lancar secara batiniyah. Setan yang telah mempersonifikasi dirinya datang menjumpai Ibrahim.


Historis Qurban dalam Penelusuran Al-Qur’an dan Al Kitab

Posted: 06 Nov 2011 07:41 PM PST

Nabi Ibrahim mengunjungi dan menjenguk Ismail di tempat pengasingannya untuk menghilangkan rasa rindu hatinya kepada puteranya yang ia sayangi serta menenangkan hatinya yang selalu rungsing bila mengenangkan keadaan puteranya bersama ibunya yang ditinggalkan di tempat yang tandus, jauh dari masyarakat kota dan pengaulan umum. Sewaktu Nabi Ismail mencapai usia remajanya Nabi Ibrahim a.s


Riau Pada Zaman Kemerdekaan: Sosial-Ekonomi

Posted: 06 Nov 2011 07:39 PM PST

A. kehidupan social-ekonomi pada zaman revolusi-fisik Setelah keka;ahan Jepang dan pemerintahan beralih ke tangan pemerintahan RI, penderitaan-penderitaan rakyat serasa lenyap. Rakyat bebas dari ketakutan walaupun keadaan baru tersebut tidak serta-merta mendatnagkan kesejahteraan lahiriah.


Nilai Tersembunyi dalam Kisah ‘Qurban’

Posted: 06 Nov 2011 04:11 PM PST

Di Indonesia, hari raya ummat muslim yang kita sebut I'dul Adha sering juga di kenal Lebaran haji atau lebaran kurban. Pada hari ini jutaan ummat muslim merayakan Haji ke Makkah Baitullah dan juga memotong kurban yang biasanya berupa unta, domba, kambing, sapi ataupun kerbau.


Ritual Kurban dalam Yahudisme

Posted: 06 Nov 2011 04:10 PM PST

Ibrahim sebagai sosok suci bukan hanya penting bagi Islam, tetapi juga bagi Yahudi. Dalam Bereshith ( Kitab Kejadian ) dikisahkan tentang Ibrahim dengan lengkap mulai dari kelahirannya hingga kisah perjalanannya, perjanjian dengan Tuhan, kisahnya dengan Hagar (Hajar), Sarah, Luth, tiga orang tamunya, dengan Ismail, dengan Ishak


Hitam Putih Qurban, Altar Keramat Bangsa Maya Hingga Syariat Ibrahim

Posted: 06 Nov 2011 04:09 PM PST

Boleh jadi Qurban merupakan ibadah paling tua di bumi ini, ini kalau kita sepakat bahwa Adam merupakan manusia modern pertama di bumi ini, saya tidak ingin mendebatkan tentang orisinitas ke modernan Adam sebagai manusia pertama. Ibadah Qurban kemudian diwariskan kepada bani Adam yang tersebar di seluruh penjuru bumi. Tradisi Qurban dikenal di berbagai peradaban kuno di setiap pojok bumi ini.


Sosok Iblis Ditemukan di Lukisan Giotto

Posted: 06 Nov 2011 04:08 PM PST

Lukisan Giotto di basilika Santo Franciscus Asissi Sosok iblis yang tersembunyi di balik awan dalam lukisan Giotto di Basilika Santo Franciscus Asissi. Para pekerja restorasi telah menemukan sosok iblis tersembunyi di balik awan dalam fresco atau lukisan dinding karya Giotto di Basilika Santo Franciscus Asissi di Italia, demikian diungkapkan para pejabat gereja, Sabtu (5/11/2011), seperti dikutip The Sunday Times . Sosok iblis itu tersembunyi dalam detail awan yang berada di bagian atas fresco nomor 20 dalam rangkaian gambaran kehidupan Santo Franciscus yang dilukis Giotto pada abad ke-13.


Di Laut Lepas Aceh, Ada 129 Pulau Tanpa Nama

Posted: 06 Nov 2011 04:08 PM PST

Masih ada 129 pulau di Aceh yang belum terdaftar dalam lembaran negara. "Pulau yang belum ada nama di Aceh karena tidak ada penghuninya.


Jejak Riwayat Ulama Aceh di Mesir

Posted: 06 Nov 2011 04:07 PM PST

Sejarah ulama Aceh yang belajar-mengajar dan mencari Ilmu serta membina kader-kader Islam, mahsyur hingga ke pelosok Nusantara. Diantaranya Syeikh Ismail bin Abdul Muthalib Asyi. Syeikh Ismail bin Abdul Muthalib Asyi, tidak banyak dikenal oleh generasi Aceh kini.


Bangsa Viking Bernavigasi Dengan Batu

Posted: 06 Nov 2011 04:06 PM PST

Apa rahasia di balik kesuksesan navigasi pelaut ulung seperti bangsa Viking?


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲