Koran Muslim

| Selasa, 15 November 2011

Koran Muslim


Tidak Didasari Syariah Eropa AS Alami Krisis Ekonomi

Posted: 15 Nov 2011 04:01 PM PST

Keutamaan Adzan

Posted: 15 Nov 2011 04:00 PM PST

Setiap hari, selama lima kali kaum muslimin mendengar seruan adzan yang berkumandang di masjid-masjid. Adzan ini memberitahukan telah masuknya waktu shalat agar manusia-manusia yang tengah sibuk dengan pekerjaannya istirahat sejenak memenuhi seruan Allah 'azza wajalla. Demikian pula, yang tengah terlelap tidur menjadi terbangun lantas berwudhu dan mengenakan pakaian terbaiknya untuk menunaikan shalat berjama'ah.

Pengertian Adzan

Adzan secara bahasa bermakna al i'lam yang berarti pengumuman atau pemberitahuan, sebagaimana firman Allah 'azza wajalla

وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الأكْبَرِ أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُه

"Dan pengumuman dari Allah dan Rasul-Nya kepada ummat manusia di hari haji akbar bahwa Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari kaum musyrikin….." (QS. At Taubah : 3)

Adapun secara syar'i adzan adalah pemberitahuan masuknya waktu shalat dengan ,lafazh-lafazh yang khusus. (Al Mughni, 2: 53, Kitabush Shalat, Bab Adzan. Dinukil dari Taisirul Allam , 78).

Ibnul Mulaqqin rahimahullah berkata, "Para ulama' menyebutkan 4 hikmah adzan : (1) menampakkan syi'ar Islam, (2) menegakkan kalimat tauhid, (3) pemberitahuan masuknya waktu shalat, (4) seruan untuk melakukan shalat berjama'ah." (Taudhihul Ahkam, 1: 513)

Keutamaan Adzan

Salah satu tanda sempurnanya syari'at Islam ini adalah memberi dorongan kepada ummatnya untuk melaksanakan ibadah dengan menyebutkan keutamaan ibadah tersebut. Begitu pula adzan, banyak riwayat dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang menjelaskan tentang keutamaan adzan dan orang yang menyerukan adzan (muadzin).

Abu Hurairah radhiallahu 'anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

إِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ، حَتَّى لاَ يَسْمَعَ التَّأْذِيْنَ، فَإِذَا قَضَى النِّدَاءَ أَقْبَلَ حَتَّى إِذَا ثَوَّبَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَر

"Apabila diserukan adzan untuk shalat, syaitan pergi berlalu dalam keadaan ia kentut hingga tidak mendengar adzan. Bila muadzin selesai mengumandangkan adzan, ia datang hingga ketika diserukan iqamat ia berlalu lagi …" (HR. Bukhari no. 608 dan Muslim no. 1267)

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu juga, ia mengabarkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam,

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوْا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوْا

"Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang didapatkan dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian niscaya mereka rela berundi untuk mendapatkannya…" (HR. Bukhari no. 615 dan Muslim no. 980)

Muawiyah radhiallahu 'anhu berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

الْمؤَذِّنُوْنَ أَطْوَلُ النَّاسِ أَعْنَاقًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Para muadzin adalah orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat." (HR. Muslim no. 850)

Abu Sa'id Al-Khudri radhiallahu 'anhu mengabarkan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam,

لاَ يَسْمَعُ مَدَى صَوْتِ الْمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلاَ إِنْسٌ وَلاَ شَيْءٌ إِلاَّ شَهِدَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Tidaklah jin dan manusia serta tidak ada sesuatu pun yang mendengar suara lantunan adzan dari seorang muadzin melainkan akan menjadi saksi kebaikan bagi si muadzin pada hari kiamat." (HR. Bukhari no. 609)

Ibnu 'Umar radhiallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

يُغْفَرُ لِلْمْؤَذِّنِ مُنْتَهَى أََذَانِهِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ رَطْبٍ وَيَابِسٍ سَمِعَهُ

"Diampuni bagi muadzin pada akhir adzannya. Dan setiap yang basah atau pun yang kering yang mendengar adzannya akan memintakan ampun untuknya." (HR. Ahmad 2: 136. Syaikh Ahmad Syakir berkata bahwa sanad hadits ini shahih)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mendoakan para imam dan muadzin,

اللَّهُمَّ أَرْشِدِ الْأَئِمّةَ وَاغْفِرْ لِلَمْؤَذِّنِيْنَ

"Ya Allah berikan kelurusan bagi para imam dan ampunilah para muadzin." (HR. Abu Dawud no. 517 dan At-Tirmidzi no. 207, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa' no. 217)

Aisyah radhiallahu 'anha berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

الْإِمَامُ ضَامِنٌ وَالْمُؤَذِّنُ مُؤْتَمَنٌ، فَأَرْشَدَ اللهُ الْأَئِمّةَ وَعَفَا عَنِ المْؤَذِّنِيْنَ

"Imam adalah penjamin sedangkan muadzin adalah orang yang diamanahi. Semoga Allah memberikan kelurusan kepada para imam dan memaafkan paramuadzin." (HR. Ibnu Hibban dalam Shahih-nya no.1669, dan hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib no. 239) (lihat Shahih Fiqih Sunnah, Bab Adzan)

Demikianlah keutamaan-keutamaan yang terdapat pada adzan dan muadzin. Semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang ketika mendengar sebuah hadits, segera mengamalkannya. Wallahu a'lam.

Penulis: Arif Rahman Habib

Artikel www.muslim.or.id

Sumber

Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

Soal-168: Muadzin Juga Berdoa Setelah Adzan?
Hukum Shalawatan Dengan Keras Setelah Adzan
Hukum Shalat Tanpa Adzan
Bolehkah Shalat Tahiyatul Masjid Saat Adzan Berkumandang?
Apakah Perlu Menjawab Adzan di TV/ Radio?
Shalawatan Setelah Adzan
Keutamaan Qiyam Ramadhan – 3452
Keutamaan Shalat Jenazah
Satu Waktu Do’a Tak Tertolak, Waktu Antara Adzan -Iqomah
Hukum Melaksanakan Tahiyatul Masjid Saat Adzan

Ini Injil Versi Gaul Coy: Bunda Maria Disebut Gebetan & Cewek Bunting

Posted: 15 Nov 2011 03:01 PM PST

Ini Injil Versi Gaul Coy: Bunda Maria Disebut Gebetan & Cewek Bunting

Untuk menjangkau kalangan muda, Pendeta Daniel de Wolf merilis Bibel bahasa Belanda versi gaul yang penuh dengan istilah jalanan atau slank yang vulgar seperti cewek Maria, ngeseks, mbolongin, bunting, maen gila, nyicip cewek, gebetan, dll. Juga ada istilah pop abad millenium seperti update status, ngetweet, dan sebagainya, padahal zaman Yesus lahir belum ada facebook, twetter maupun email.

"Maria is pregno en krijgt een baby boy" (Maria bunting dan beranak bayi laki-laki). Demikian kalimat dalam Alkitab (Bibel) versi terbaru di Belanda. Kali ini tidak menggunakan bahasa Belanda resmi, namun dalam bahasa gaul jalanan/slank.

Bibel edisi gaul berjudul "de Torrie van Mattie" tersebut diterjemahkan oleh Pendeta Daniel de Wolf.

"Mattie" adalah bahasa gaul untuk teman, sobat. Tapi itu juga singkatan dari Matius. Jadi pada dasarnya ini kisah Matius, buku pertama dari Perjanjian Baru.

Bahasa slang dalam Bibel gaul itu adalah gabungan kata-kata dari bahasa Inggris, Papiamento, Suriname, Maroko, Turki dan Belanda, yang dipercaya dengan kata-kata yang ditangkap dari media sosial dan budaya pop. Dalam menterjemahkan, Pendeta De Wolf dibantu oleh anak-anak muda dari berbagai latar belakang. Jadilah hasil terjemahan penuh dengan kata "doekoes," "patas" dan "osso."

Ide menerjemahkan Bibel ke dalam bahasa gaul ini berasal dari Inggris.

"Terjemahan semacam ini sudah ada di sana, yaitu edisi "The Word on the Street" (Firman Tuhan di Jalanan). Ide ini lalu diadopsi di Belanda dan saya diminta untuk melakukannya. Saya pikir ini ide yang baik," ujar Pendeta De Wolf . "Di Inggris buku ini beberapa kali berhasil memenangkan penghargaan buku rohani Kristen dan juga menjadi salah satu buku terlaris di toko buku rohani. Amerika dan Jerman juga memiliki Injil versi jalanan mereka sendiri," tambahnya.

Bibel Gaul Versi Audio juga Dirilis

Untuk menjangkau kalangan muda lebih luas, selain merilis Bibel gaul versi cetak, Wolf juga merilis Bibel gaul versi audio MP3 yang bisa diunduh secara gratis di situs resminya. "Kami juga merekam kisah-kisah injil dalam versi MP3, yang bebas diunduh di situs kami. Rekaman juga sekaligus menjadi alat bagi para sukarelawan pekerja muda dalam berhubungan dengan para pemuda," ujar Wolf.

Untuk proyek gaulnya itu, de Wolf banyak menuai reaksi negatif yang dari orang-orang yang menganggap Bibel sebagai kitab sakral yang tidak boleh diutak-atik.

Fragmen Terjemahan Bebas: Cewek Maria gak Ngeseks dan Belum Dibolongin

Dalam situs resminya, bisa disaksikan contoh ayat-ayat Bibel dengan bahasa gaul jalanan, misalnya pada perikop kisah "Yesus Sang Pencari Suaka", "Bangkitlah dari Kursi Rodamu", dan "Johnyboy Sang Pembaptis."

Berikut ini adalah contoh fragmen ayat Bibel versi gaul:

"Gini lho, cerita kelahiran Yesus Kristus: Maria, cewek yang mungkin waktu itu masih berumur 14 tahun, rencananya mo merit sama Yusuf bin Yakub. Mereka udah sampe tunangan segala. Pada zaman itu, menurut tradisi Yahudi (sampe sekarang kali yee), nge-seks mah kagak boleh sama sekali. Tapi eeh, Marianya, tek dung. Yusuf terang aja langsung mikir, Maria pasti maen gila sama yang lain. Yang jelas, Yusuf ngerasa, dirinya, jangankan mbolongin Maria, nyicip aja juga nggak pernah. Dasar AIB neh!

Yusuf, anaknya cool, nggak buru-buru update status atau cepet-cepet ngetweet, ngember soal Maria. Namun Yusuf, udah mikir, bakal mutusin Maria. Nah pada saat itu, ia mendadak disambangin Malaikat.

"Nyante aje Sup. Jangan cemen dong untuk nikahin Maria. Gebetan elo kagak selingkuh. Jabang bayi di perut Maria itu hasil olahan Roh Kudus. Maria bakal ngelahirin bayi lelaki. Elo kudu kasih nama Yesus. Tahu nggak artinya? Itu artinya Tuhan yang menyelamatkan. Kenape harus dinamain keren gitu? soalnya Dia bakal menyelamatkan umat manusia dari segala kebangsatan(maksudnya dosa coy) yang mereka lakukan."

Wah ini pas banget ama yang dulu, ratusan tahu lalu, dibilangin nabi Yesaya. Si perawan akan hamil dan melahirkan orok lelaki, dan orang-orang bakal manggil dia sebagai Immanuel."

Fragmen ayat-ayat Bibel versi gaul tersebut memang aneh di telinga.

Selain kata-kata vulgar seperti cewek Maria, ngeseks, mbolongin, maen gila, bunting, nyicip cewek, gebetan, dll, hal yang asing di telinga adalah adanya kata-kata modern yang hanya ada abad millenium, misalnya: update status, ngetweet, dan sebagainya.

Tahun 1 Masehi saat Yesus lahir pan belon ada facebook sama twetter, coy!! [a ahmad hizbullah/voa-islam.com/rnw]

Sumber

Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

Jadilah Wanita Perkasa, Bukan Cewek Tomboy!
Bahasa Gaul Anak Dianggap Mengancam Bahasa Nasional
Kalo Cewek Ngomongin Karir
Introspeksi Anak Salah Asuh dan Salah Gaul
Mualaf Maria Hardman Diizinkan Memakai Jilbab Di Pas Foto Penjara
Stop Jilbab Gaul: Berpakaian Tapi Telanjang
Jilbab Gaul: Berpakaian Tapi Telanjang
Goa Maria Tritis Pusat Pemurtadan di Selatan Gunung Kidul
Seorang Muslim Inggris Rekam Terjemahan Alquran Versi Bahasa Inggris… 40 Ribu Keping CD-nya Dibagikan Gratis
Sarkozy Terjerat Masalah Akibat Bahasa Gaul

Gereja Katolik Hadapi Problem Tingginya Selingkuh dan Perceraian

Posted: 15 Nov 2011 03:01 PM PST

Gereja Katolik Hadapi Problem Tingginya Selingkuh dan Perceraian

ATAMBUA (voa-islam.com) – Gereja Katolik, terutama Keuskupan Atambua, menghadapi permasalahan serius berupa tingginya perselingkuhan yang berujung  pada perceraian pasutri Katolik.

Ketua Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran dan Perantau Keuskupan  Atambua, di NTT, telah mengingatkan umat bahwa perselingkuhan dan perceraian di kalangan pasangan suami-istri Katolik berada di urutan ketiga dalam kasus hukum di keuskupan itu.

Menurut data komisi itu, di antara 40 dan 50 kasus seperti itu dialami setiap tahun. Banyak dari kasus itu melibatkan pasutri muda Katolik, yang telah menikah di antara 1 hingga 10 tahun.  Faktor utamanya adalah kebosanan.

"Kasus ini hadir karena orang tidak mendalami spiritualitas perkawinan secara mendalam. Komisi ini dalam penanganannya bukan sebagai pemberi hukuman namun memberikan bantuan hukum baik bagi pelaku, korban serta saksi agar memahami dirinya di mata hukum," kata Pastor Paulus Nahak Tetik dalam homilinya selama Misa Kudus pada 11 November.

Misa itu diadakan di pelataran Gua Maria Ularo di Atapupu, yang diselenggarakan oleh Legio Maria Keuskupan Atambua, dihadiri oleh ratusan umat dan legioner.

Pastor Nahak mengatakan, "Saat ini Gereja terutama Keuskupan Atambua menghadapi suatu permasalahan konkret, yakni tingkat perselingkuhan yang berujung  pada perceraian cukup tinggi. Ini disebabkan pasangan-pasangan muda dewasa ini belum mendalami secara total spiritualitas perkawinan Gereja Katolik dan untuk menjadi karya nyata Gereja."

Ia menambahkan bahwa komisi keadilan dan perdamaian senantiasa melakukan sosialisasi dan pencerahan Undang-Undang perkawinan baik pemerintah maupun Gereja di setiap paroki maupun kelompok-kelompok kategorial. [silum/catth, uca]

Sumber

Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

Bebas Dari Selibasi Pria Menikah Ditahbis Gereja Katolik
Selingkuh Jadi Sebab Utama Cerai Pasangan PNS
Krisis Gereja Katolik Belgia
Seratus Tahun Melayani, Gereja Katolik Gagal Mengubah Perilaku Mabuk di Timika
Dirjen Bimas Islam Sayangkan Perceraian Meningkat
Jumlah Perceraian Meningkat Setiap Tahun
Cegah AIDS, Gereja Katolik Swiss Malah Bagi-bagi Kondom pada Remaja
Gereja Katolik Merasa Gagal Ubah “Perilaku Mabuk” Warga
Kunjungi Gereja Katolik, Ketum Partai Demokrat Anas Urbaningrum Dicurigai Dukung Kristenisasi
Tiap Enam Menit Terjadi Perceraian Di Arab Saudi

Kenali Tipe Pemain Pesbuk, Don’t Judge Person by Facebook Profile!!!

Posted: 15 Nov 2011 03:01 PM PST

Kenali Tipe Pemain Pesbuk, Don’t Judge Person by Facebook Profile!!!

Yulianna PS
Penulis Kumcer "Hidayah Pelipur Cinta"

"Don't Judge Person by Facebook Profile!" Sekilas mirip pepatah yang familiar di telinga kita, "Don't judge book by cover." Tetapi yang akan kita bahas kali ini bukan dunia buku, tetapi dunia maya.

Sebuah jejaring yang banyak menjangkiti warga Indonesia adalah pesbuk. Ada yang rela ga makan, rela ga pergi taklim demi pesbuk (kok senyum-senyum, merasa ya?)

"Subhanallah, setiap komentar dan postingan ukhti selalu menyejukkan dan bernilai, bagai permata berkilauan yang memancarkan keindahan."

(Gubrakkkkkkkkk!!!!)

Komentar seorang ikhwan terhadap teman akhwatnya di pesbuk tetangga, saya tersenyum geli aja, cuma lewat doank dan kebetulan tahu ada yang tebar-tebaran pujian. Di dunia nyata sudah berkali-kali pula saya mendengar akhwat, teman sejawat, sahabat yang cerita-cerita ikhwan-ikhwan pujaannya di dunia maya bernama pesbuk. Banyak yang berpendapat dan meyakini apa yang tergambar di pesbuk adalah gambaran nyata dan pribadi sebenarnya akan diri seseorang.

Ketika seorang dengan akun pesbuk menuliskan postingan-postingan bernilai positif, itu tidak dapat dijadikan rujukan bahwa orang tersebut memang benar-benar sesuai antara kepribadian dan kemampuannya didunia nyata dengan apa yang ditampilkan di dunia maya alias dumay.

Orang yang punya kemampuan mendalam dalam berdebat di dumay, belum tentu ia juga mampu berdebat secara baik dan ilmiah didunia nyata. Bahkan seseorang yang biasa memosting komentar yang panjangnya terbentang dari Sabang sampai Merauke pun belum tentu dia mampu berkata panjang lebar didunia nyata.

Dunia maya adalah dunia penuh pesona, berisikan aneka sandiwara, adegannya palsu belaka, mirip para pemain drama. Jika ingin mengetahui seseorang secara asli dan tulen, bukan dengan cara melihat sepak terjangnya di dumay. Namun kadang kita juga tidak bisa mengatakan seseorang urakan dan berandalan hanya karena postingan pesbuknya yang suka menghajar seseorang dengan kalimat pedas, intinya ya 'DON'T JUDGE PERSON BY FACEBOOK PROFILE!"

Ada beberapa tipe pemain pesbuk, yang di mana setiap tipe ini kadangkala sesuai karakter asli seseorang di dunia nyata, tetapi ada juga yang berbalik 180 derajat. Berikut tipe-tipenya:

1. TEBAR PESONA

Tipe ini mempunyai cirri-ciri sangat suka update foto. Hampir setiap hari atau setiap waktu, foto-fotonya akan di upload terus-menerus, agar para fansnya pada mampir untuk sekedar memberi senyum, jempol, komentar manis.

Bagi yang cantik seakan berkata 'nih que cantik', bagi jilbaber mengandung pesan 'jilbab que manis khan', bagi pemakai niqob juga membawa pesan 'lihat nih que wanita bercadar', bagi ikhwan juga sama, sangat ganjen bin genit, up load foto-foto agar dikomenin akhwat. Norak khan? Hihihihi. Tipe ini mirip jiwa-jiwa artis. Dahulu hanya artis saja yang bisa berpose-pose ditempat umum, tetapi era sekarang beda, orang biasa pun bisa mengalahkan rating artis, siapa aja yang tertarik boleh memberikan komentar.

2. TABUR SIMPATI

Ciri-ciri dari tipe ini adalah pribadinya yang sangat cengeng, rapuh, mellow, dan seabrek kata sedih lainnya. Semua suasana hatinya akan tumpah ruap dipesbuk. Kalau lagi sedih akan bilang 'que dijahilin', que disakitin', que dibohongin' de el el. Kalau pas bahagia juga gitu, statusnya berisi 'asek dapat tiket undian ke new zealand', 'hore dapet undian lotre', 'uh senengnya dikecup pasangan', hihihi, lebay bin alay khan. Gak tau ini ajaran siapa yang dipakai.

Rasulullah dan para generasi salaf adalah sebaik-baik generasi yang sangat menyembunyikan amalan-amalan. Kebaikan mereka tidak dapat dihitung, keshalehan mereka juga diacungi jempol, tetapi mereka adalah orang-orang yang sangat menghindari riya', menghindari pujian dan simpati.

3. TIPE PUBLIC FIGURE

Manusia jenis ini sangat aktif mengkampanyekan dirinya didumay. Sangat ahli mencari cara agar manusia berduyun-duyun mengalihkan pandangan padanya. Seakan-akan dia adalah manusia hebring, cerdas, mempesona dan punya nama mendunia (hihihi, emang artis Hollywood yang kerjanya pamer).

Postingan manusia jenis ini macam-macam. Dari yang ngejiplak  tulisan orang lalu diklaim karyanya sendiri, ampe postingin foto dari internet yang cakep and dibilang fotonya sendiri. Dan manusia jenis ini tidak segan-segan memakai universitas, kota dan Negara beken untuk menarik manusia agar menyukai dirinya.

Misalnya dia di Hong Kong sebagai pekerja biasa akan menuliskan Kairo-Mesir diakunnya, pekerja di Indonesia akan memakai Negara Amrik agar sibilang wah, kerja dikampung lalu mengatakan kerja di Australia agar terlihat gimane gitu. Sesuatu banget khan? Hihihi.

Sebenarnya masih banyak tipe-tipe lain, tapi saya hanya menyebutkan tiga saja. Yang sangat bagus dan salut tuh pada pesbuker yang memakai pesbuk untuk menggali ilmu, menbebar dakwah ato jualan, jadi waktu pesbukannya engga sia-sia. Yang over PD didumay juga cepet dibenerin, ntar pas diajak kopdar ga sepede didumay khan malu-maluin, iya ga sob? Dan trakhir pesan penulis adalah, hati-hati aja dengan pribadi dumay, dan yang pasti 'don't judge person by facebook profile'. Smile ^_^ [voa-islam.com]

Sumber

Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

Tipe-tipe Suami, Syarah Hadits Ummu Zar'in
Makin Sulit Diprediksi, Kini Tipe Letusan Merapi Berubah
Don’t judge evangelicals by one who made Islam angry
Beragam Tipe Makanan, MUI Telaah Kehalalan Serangga
Halaman Facebook Pemain Real Madrid Dihapus Setelah Mendukung Palestina
Kenali Jenisnya, Ada Dzikir Yang Amat Sangat Ringan
"Facebook Adalah Bentuk Kegilaan di Era Modern!"
Erdogan; Person Of The Year?
Pengamen, Pemain Band dan Selebriti
Wenger: Fabregas Adalah Pemain Dari Dimensi Lain!

Penangkapan Aktivis Terduga Teroris Jelang Kunjungan Obama, Proyek Cari Muka AS?

Posted: 15 Nov 2011 03:00 PM PST

Penangkapan Aktivis Terduga Teroris Jelang Kunjungan Obama, Proyek Cari Muka AS?

JAKARTA (voa-islam.com) – Maraknya penangkapan para aktivis terduga teroris jelang kedatangan Obama ke Indonesia, ditengarai Indonesian Crime Analyst Forum (ICAF) sebagai 'persembahan' Densus 88 Antiteror untuk Amerika. Pasalnya, kejadian serupa sudah terjadi tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu diungkapkan koordinator ICAF, Mustofa B Nahrawardaya dalam siaran tertulisnya kepada voa-islam.com, Selasa (15/11/2011).

Dalam catatan ICAF, selalu ada yang terulang jika Obama berkunjung ke Indonesia, yakni ramainya penggerebekan teroris. "Dua kali Obama mengunjungi Indonesia, dua kali pula orang-orang yang diduga teroris ditangkapi," ujar Mustofa.

Tahun ini, jelas Mustofa, jelang kunjungan Obama ke Bali, media dijejali dengan berita keberhasilan Densus 88 menangkapi teroris kelompok baru bernama Kelompok Abu Omar. Konon, polisi berhasil  menyita banyak amunisi beserta senjata berat lainnya, bahkan konon ada yang ditembak 'tepat' di kakinya karena si teroris membawa M-16 saat ditangkap. 

Mustofa menambahkan, penangkapan aktivis terduga teroris juga terjadi tepat setahun yang lalu ketika Obama menginjakkan kaki di tanah air pada 9 November 2010. Waktu itu, serangkaian kejadian terorisme memenuhi halaman media massa kita sebelum kehadiran orang nomor satu di Amerika Serikat itu. Serangkaian penangkapan terhadap pelaku teror di Aceh, Pamulang, dan beberapa tempat cukup membuat masyarakat kagum. Betapa hebatnya Densus 88 mampu mengetahui dan menangkapi  orang-orang yang diduga teroris untuk dijebloskan ke bui. Serangkaian perampokan yang direkam kamera, pelatihan milisi yang direkam, dijadikan bukti oleh polisi untuk menjerat para pelaku untuk dihukum. Obama pun kemudian lancar hadir di Indonesia.

Dengan fakta-fakta itu, ICAF mempertanyakan motif Densus dalam menangkapi para aktivis terduga teroris yang dilakukan jelang kedatangan Obama ke Indonesia.

"Ini murni pemberantasan terorisme atau  'proyek' cari muka terhadap Obama?" gugat Mustofa. [taz]

Sumber

Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

Aktivis Terduga Teroris Ditangkapi Jelang Kedatangan Obama. Proyek Cari Muka AS?
Penangkapan Aktivis Terduga Teroris, Proyek Amerika atau Intelijen Hitam?
Lima Orang Terduga Teroris Dibebaskan, Terbukti Densus Serampangan!!
Densus Biadab! Aktivis Terduga Teroris Disiksa di Depan Anak-Anak Balita
Diam-diam, Densus 88 tangkap terduga “teroris”
Jelang Kunjungan Obama ke India, Kekerasan Meningkat di Kashmir
Densus 88 tangkap tujuh terduga “teroris”
Kontras menyayangkan aksi tembak mati pada terduga ‘teroris’
DPR Akan Usut Densus 88 dan Satgas Anti Bom yang Menyiksa Dan Membunuhi Aktivis Islam Tertuduh Teroris
Terduga “teroris” meninggal dunia dalam interogasi Densus 88

Tips Merawat Printer

Posted: 15 Nov 2011 02:01 PM PST

Kenapa Printer seperti perangkat yang mudah sekali rusak dan seolah-olah hanya sekali pakai? Misalnya saja Panitia Ujian membeli Printer untuk kebutuhan kepanitiaan, akan tetapi ketahanan Printer tidak seperti yang diharapkan, padahal sudah dibeli dengan harga yang cukup lumayan mahal. Saat digunakan, usia Printer hanya selama saat Ujian berlangsung saja, bahkan sebelum Ujian tersebut usai, Printer sudah mulai Blinking, blank, error, ngadat, mogok kerja dan lain sebagainya.

Tips Merawat PrinterJika dirawat secara teratur, Printer sebenarnya mampu bertahan lebih kurang 2-3 tahun. Namun kadang tidak demikian (seperti kasus diatas misalnya), ada juga beberapa kasus dalam Printer Infus pada khususnya, yang biasanya cukup melelahkan mondar-mandir ke tempat Service Printer (Pengalaman pribadi nich, hehe), sekedar bertanya apa sebab Printer lampu warnanya kedap-kedip (Blinking). Apa yang terjadi, apakah ada yang salah? Yups! Itu yang akan kita cari pada uraian kali ini. Mudah-mudahan Tips ini dapat berguna dan akan menggunakan Printer lebih baik sebagaimana mestinya. Sehingga tidak ada lagi yang memperlakukannya dengan tidak berprike-PRINTER-an, hehe.. chek it out!

  • Gunakan Printer setiap Hari, minimal satu lembar Print Warna dan Hitam-Putih. Kalaupun tidak digunakan untuk mencetak, maka cukup hidupkan printer karena minimal dia akan membasahi head Jangan mendiamkan printer (tak terpakai) dalam kurung waktu lama. Itulah alasan mengapa cartridge color (warna) lebih sering rusak dibandingkan cartridge black (hitam) dikarekan sangat jarang digunakan, kasihan kan? Hehe..
  • Jangan Ngeprint terlalu banyak alias Diporsir.  jika pun hendak mencetak banyak, sebaiknya berilah jeda waktu istirahat setiap 10-15 lembar untuk document biasa 1-3 menit, dan 1-2 lembar untuk print kualitas foto dengan waktu istirahat 3-5 menit. Nggak percaya? Silahkan ngeprint 100 lembar sekaligus Nonstop, Oops.. don't try at home ya J
  • Segeralah mengisi tinta pada Cartridge jika kualitas cetakan sudah mulai berkurang. Jangan menunggu tinta betul-betul habis. Jika memang tinta sudah terlanjur habis, pastikan jangan membiarkan Cartridge kosong terlalu lama. Bahaya, bisa menyebabkan kekeringan, tersumbat dan bahkan Cartridge-nya bisa mati.
  • Pastikan menggunakan tinta printer dengan kualitas yang baik, jangan sering gonta-ganti merek tinta (setialah pada satu merek saja), dikarenakan tiap-tiap merek pada tinta bisa saja memiliki kualitas ke-enceran yang berbeda dan ini tentunya sangat berpengaruh pada head printer
  • Jangan mengisi cartridge terlalu penuh. Beri ruang sedikit bagi udara untuk membantu menekan tinta keluar, itulah alasannya kita dilarang makan banyak-banyak, agar proses dan lalu lintas pencernaan kita berjalan dengan lancar(sekedar analogi).
  • Pastikan saat mencetak, gunakan kertas dengan kualitas yang masih bagus. Jangan menggunakan kertas yang lusuh dan berdebu. Pastikan juga (sebelum di eksekusi dengan klik OK), atur dulu pada Properties Printer, pilihlan Text and Image atau pada jenis Printer lain; Print Quality-nya Standard atau High. Jangan pilih Text (saja) atau Print Quality-nya Fast. Karena akan menyebabkan Printer cepat lelah dan kehausan.
  • Saat Printer mencetak namun kertas macet atau tersangkut, sebaiknya jangan menarik kertas dari tempat masuk kertas, tariklah kertas dari depan (tempat keluar kertas). Ini tujuannya untuk mencegah seal film bagian bawah cartridge tergores . Kecuali ada ruang khusus yang bisa digunakan untuk menarik kertas yang tersangkut, misalnya pada jenis Printer merek HP.
  • Jangan keseringan menghidupkan dan mematikan printer, karena saat pertama dihidupkan printer akan melakukan cleaning otomatis yang akan menyerap tinta sehingga tinta cepat habis . Usahakan untuk membiarkan printer tetap hidup, di samping tidak menyedot banyak daya alias hemat listrik, juga karena bisa memperpanjang umur cartridge.
  • Jika terpaksa harus mematikan printer, maka matikanlah dari tombol power (pada printer), jangan mencabut colokannya langsung. Dengan mematikan dari tombol Power, Printer akan melakukan shutdown sendiri sebagaimana mestinya, seperti ; membersihkan tinta sisa pada head dan menutupnya agar tidak terjadi penyumbatan.

Demikian Tips dari Team WARDAN kali ini, semoga bermanfaat buat para netter pengunjung setia Website Darunnajah Cipining dimanapun berada. Bila ada yang belum jelas boleh untuk meninggalkan komentar pada bagian bawah artikel ini. Demikian juga untuk Printer Infus, Tips diatas juga bisa digunakan, namun pembahasan khusus untuk Printer Infus Insya Allah akan diuraikan pada artikel berikutnya. Maka silahkan untuk kembali lagi membuka darunnajah-cipining.com (WARDAN/Abu Adara)

Berita Lain Yang Berhubungan:

  • Merawat Taman Biar Tambah Menawan
  • Tips Menjadikan Netbook menjadi "Sumber Ilmu" (Part2)
  • Enaknya, Belajar Lewat Internet (Tips)
  • Tips Menjadikan Netbook menjadi "Sumber Ilmu" (Part1)
  • Mau Sukses Belajar?, Ini Kiat & Tips Jitunya!
  • Sumber

    Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

    Paket Bom Printer Yang Dikirim Mujahidin AQAP ke Amerika
    Tips dan Trik : Mempercepat Shutdown Windows 7
    Tips Agar Cepat Naik Haji
    Tips Agar Anak Anda Tak Kecanduan TV
    Tips Sehat Saat Makan Sahur
    Tips Memilih Pasangan Hidup
    Tips Membersihkan 'Jiwa & Raga' Komputer Secara Menyeluruh
    Tips Sehat Saat Makan Sahur (Koreksi Pak Dokter)
    Tips Agar Si Buah Hati Lelap Tidur
    Tips Mengatasi Anak Yang Susah Makan

    Pentingnya PHBS di Lingkungan Pesantren

    Posted: 15 Nov 2011 02:00 PM PST

    النظافة من الإيمان

    "Kebersihan adalah sebagian dari iman"

    Semboyan diatas merupakan salah satu motto yang selalu didengungkan dalam aktivitas keseharin para santri Darunnajah Cipining dari mulai bangun tidur hingga waktu istirahat kembali.

    Masalah kebersihan memang tidak ada kata selesai dalam kehidupan manusia, hingga dalam kitab ilmu fiqh, bab taharah (bersuci) atau yang berkaitan dengan kebersihan selalu ada pada awal pembahasan. Menanggapi tentang pentingnya dalam menjaga kesehatan jasmani, maka perlu adanya program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan pesantren.

    Darunnajah Cipining memiliki sebuah organisasi santri yang bertujuan untuk memudahkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, berkaitan dengan masalah kesehatan dan kebersihan santri maka terbentuklah sebuah tim Santri Husada yang siap sedia membantu segala bentuk keluhan maupun pelayanan mengenai kesehatan seluruh santri dan masyarakat dilingkungan pesantren. Kesehatan adalah awal dari segala-galanya, tanpa adanya nikmat sehat mustahil kita bisa melukukan aktivitas dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal, oleh karenanya manusia akan dapat berfikir dengan optimal untuk menciptakan sebuah gagasan apabila akal/fikirannya dalam kondisi sehat, sebuah kata mutiara mengatakan:

    العقل السليم في الجسم السليم

    "Akal yang sehat terdapat dalam jiwa (tubuh) yang sehat"

    Perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai dari diri-sendiri yang langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan seluruh unsur  yang ada dalam kehidupan sekelilingnya.

    Salah satu agenda santri Darunnajah Cipining adalah program "Tandzif  'Am" (kebersihan umum) yang dilakukan minimal 3 (tiga) hari dalam seminggu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh santri dapat menikmati kenyamanan dan keindahan asrama/tempat tinggalnya. Orang bijak mengatakan: "Manusia akan menjadi BISA karena 2 (dua) hal, BISA karena DIPAKSA dan BISA karena TERBIASA" dalam hal ini santri dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas kesehatan khususnya kesehatan jasmani, bahkan yang lebih menarik dan dapat menjadikan motivasi bagi santri adalah dengan adanya penilaian kebersihan dan kerapihan  kamar-kamar santri baik di asrama putra maupun putri, penilaian kamar dilakukan secara terus-menerus oleh seluruh staff kesehatan yang tergabung dalam tim santri husada yang diharapkan dapat lebih objektif. hasil penilaian kamar terbersih dan terkotor akan diumumkan setiap seminggu sekali dalam apel mingguan setelah agenda upacara selesai dilaksanakan. Kamar yang terkotor berkewajiban memberikan hadiah kepada kamar yang terbersih.

    Dengan adanya penilaian kamar diharapkan seluruh santri dapat bersaing dalam kebajikan, sehingga tercipta suasana aman, nyaman, bersih  dan sehat baik jasmani maupun rohani. So, mari kita mulai kebaikan dari diri sendiri, dari yang terkecil dan dari sekarang…!!! (WARDAN/Moebarok Noor)

    Berita Lain Yang Berhubungan:

  • Pentingnya Bahasa Asing di Pesantren Kami
  • Berlomba Jadi Kamar Terbersih
  • SIAPA BILANG, SANTRI TIDAK PEDULI LINGKUNGAN?
  • Harga Sebuah Kesehatan
  • Pentingnya Amanat (Khutbah Jum’at)
  • Sumber

    Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

    Pimpinan Pesantren Usung 'Zero Alpha' Di Pembukaan Rapat Evaluasi Pesantren 2011
    Berlomba Jadi Kamar Terbersih
    Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor hangus terbakar, adakah unsur kesengajaan?
    Pentingnya Lemak Pembangun Otak, Agar Anak Sehat Dan Cerdas
    Jika Putra-Putri Anda Belum Menjadi Santri Pesantren Darunnajah Cipining
    Pendidikan Pesantren Dalam Konteks Peradaban : Analisis Nilai Dan Unsur Pesantren
    Bagaimana Pesantren Mengasuh Santrinya?
    Ulama: Pesantren Benteng Pendidikan Karakter Bangsa
    Sejarah Berdirinya Pesantren Darunnajah Cipining
    2 Guru Ikuti Program Beasiswa Pesantren Terapis Thibbunnabawi

    Islam ‘Tertutup’ oleh Umatnya sendiri

    Posted: 15 Nov 2011 01:00 PM PST

    Berdakwah Lewat Pesan Singkat

    Posted: 15 Nov 2011 12:00 PM PST

    dakwah_BB_FB_SMSSarana komunikasi saat ini sangat mudah menjadi sarana meraih pahala. Dengan handphone mungil, hanya dengan mengirim short message kepada kerabat atau shohib dekat berisi nasehat yang menyentuh qolbu, kita pun bisa meraih pahala. Nasehat tersebut bisa jadi kita dapatkan dari bacaan buku atau seorang ustadz dan tinggal kita forward pada nomor kontak lainnya. Ini tips mudah untuk mendapatkan pahala lewat dakwah pesan singkat, walau mungkin kita bukan seorang da'i, hanya sekedar pem-forward pesan.

    Keutamaan Berdakwah

    Sekedar nasehat sederhana, seperti ajakan shalat, penjelasan keutamaan suatu amalan, ajakan mengerjakan puasa sunnah, penjelasan perihal hukum Islam, bahaya keyakinan menyimpang dan amalan tanpa dasar, itu bisa menjadi pesan dakwah sederhana. Walau sederhana, namun kita bisa meraih pahala dari orang yang mengikuti ajakan kita. Dari Abu Mas'ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

    "Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya." (HR. Muslim no. 1893). Bahkan pahala orang yang didakwahi tidak berkurang sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam,

    مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

    "Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga." (HR. Muslim no. 2674)

    Tanda umat terbaik adalah gemar mengajak pada kebaikan (ma'ruf) dan mencegah kemungkaran (munkar) disertai beriman kepada Allah. Dalam suatu ayat disebutkan,

    كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

    "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah." (QS. Ali Imron: 110)

    Para da'i juga adalah seorang yang memiliki perkataan yang baik dan mendapat sanjungan dari Allah Ta'ala. Sebagaimana disebutkan dalam ayat,

    وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

    "Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?" (QS. Fushshilat: 33). Yang dimaksud dalam ayat ini kata Ibnu Katsir rahimahullah bukanlah orang yang hanya sekedar berdakwah atau mengajak orang lain untuk baik. Namun mereka yang mengajak juga termasuk orang yang mendapat petunjuk, lalu mengajak mengajak yang lain. Ia mengajak kepada kebaikan, namun ia pun mengamalkannya. Begitu pula ia melarang dari suatu kemungkaran, ia pun menjauhinya. (Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim, 12: 240)

    Keutamaan lainnya, seorang da'i akan mendapat shalawat dari penduduk langit dan bumi. Dari Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا, لَيُصَلُّوْنَ عَلَى مُعَلِّمِي النَّاسِ الْخَيْرَ

    "Sesungguhnya para malaikat, serta semua penduduk langit-langit dan bumi, sampai semut-semut di sarangnya, mereka semua  bershalawat (mendoakan dan memintakan ampun) atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia." (HR. Tirmidzi no. 2685. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

    Modal Dakwah

    Berdakwah tidak bisa hanya asal-asalan, ada modal yang mesti dimiliki. Ibnu Taimiyah rahimahullah menjelaskan bahwa ada tiga modal bagi setiap pengajak kebaikan dan pelarang kemungkaran. Modal tersebut adalah ilmu, lemah lembut dan sabar. Ilmu harus dimiliki di awal dakwah, lemah lembut harus ada di tengah-tengah memberi nasehat, dan sabar mesti ada di akhir karena barangkali ada gangguan atau hidayah belum kunjung datang pada orang yang kita dakwahi.

    Tidak bisa seseorang berdakwah dengan asal-asalan tanpa didasari ilmu atau menyampaikan sesuatu yang tidak pernah dituntunkan oleh Islam (baca: bid'ah). Karena seringkali kami melihat sebagian orang menyebarkan amalan lewat SMS atau pesan BBM padahal amalan tersebut tidak diketahui dari hadits shahih ataukah dho'if (hadits lemah), hanya sekedar memforward, tanpa melakukan cek & ricek pada orang yang lebih berilmu. Ingat, dakwah itu termasuk ibadah. Umar bin 'Abdul 'Aziz berkata,  "Barangsiapa yang beribadah pada Allah tanpa ilmu, maka ia akan membuat banyak kerusakan dibanding mendatangkan kebaikan."

    Begitu pula dakwah mesti dengan lemah lembut, tidak bisa langsung dengan kekerasan atau kata-kata kasar karena dakwah seperti ini pasti akan membuat orang lain sulit menerima. Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan petuah berharga,

    إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِى عَلَى الرِّفْقِ مَا لاَ يُعْطِى عَلَى الْعُنْفِ

    "Sesungguhnya Allah itu Maha Lembut. Dia menyukai kelembutan dan Dia akan memberi kepada kelembutan yang tidak diberikan jika seseorang bersikap kasar." (HR. Muslim no. 2593)

    Setelah melakukan amar ma'ruf nahi mungkar (mengajak pada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran), haruslah ada sikap sabar terhadap setiap gangguan. Ibnu Taimiyah berkata, "Setiap orang yang ingin melakukan amar ma'ruf nahi mungkar pastilah mendapat rintangan. Oleh karena itu, jika seseorang tidak bersabar, maka hanya akan membawa dampak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan." Lukman pernah berkata pada anaknya,

    وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الأمُورِ

    "Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)." (QS. Luqman: 17)

    Ambil Andil dalam Dakwah

    Asal memiliki tiga bekal di atas, maka seseorang sudah boleh berdakwah. Sekali lagi dakwah yang ia serukan adalah dengan didasari ilmu, disertai sikap lemah lembut dan miliki sifat sabar. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

    "Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat" (HR. Bukhari no. 3461). Yang dimaksud dengan hadits ini adalah sampaikan kalimat yang bermanfaat, bisa jadi dari ayat Al Qur'an atau hadits (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 7: 360). Asalkan yang disampaikan itu benar atau shahih, bukan ilmu atau amalan yang asal-asalan dan tanpa tuntunan (alias: bid'ah), maka sampaikanlah.

    Sekarang Anda bisa memanfaatkan handphone Anda, BBM (Blackberry Messenger), atau jaringan sosial Anda di FB atau twitter untuk berdakwah dan mengisinya dengan hal-hal yang lebih manfaat bahkan bisa menuai pahala. Cobalah memanfaatkan sarana-sarana tadi melalui pesan singkat, memberi nasehat sederhana, ajakan untuk beramal atau penjelasan pada suatu hal yang mungkar. Nasehat yang ada saat ini bisa Anda peroleh dari buku bacaan, nasehat seorang ustadz atau dari tulisan di sebuah website yang Anda telusuri. Niscaya Anda pun bisa mendapatkan keutamaan amar ma'ruf nahi mungkar. Tentu saja dakwah ini dimulai dengan amalan pada diri sendiri, memperbaiki diri hari demi hari dan mencerminkan akhlak yang mulia, sehingga orang yang kita ajak bisa tertarik pada dakwah kita. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberi nasehat berharga,

    إِنَّكُمْ لَنْ تَسَعُوا النَّاسَ بِأَمْوَالِكُمْ، وَلَكِنْ يَسَعُهُمْ مِنْكُمْ بَسْطُ الْوَجْهِ وَحُسْن الْخُلُقِ

    "Sesungguhnya kalian tidak dapat menarik hati orang dengan harta kalian. Kalian hanya dapat membuat hati mereka tertarik dengan wajah berseri dan akhlak luhur kalian." (HR. Al Bazzar dalam musnadnya dan Abu Nu'aim dalam Al Hilyah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya)

    Ingatlah, tugas kita hanya menyampaikan sedangkan hidayah hanyalah datang dari Allah. Allah Ta'ala berfirman,

    إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

    "Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk." (QS. Al Qashshash: 56)

    Wallahu waliyyut taufiq.

     

    @ Ummul Hamam, Riyadh KSA

    19 Dzulhijjah 1432 H

    www.rumaysho.com


    Sumber

    Baca Juga Berita Lain Yang Berhubungan Dengan Berita Ini:

    Peter Sanders, Berdakwah Lewat Karya Fotografi
    Peter Gould, Mualaf yang Berdakwah Lewat Seni dan Teknologi Digital
    Hidup Ini Singkat
    Pesan Islam yang Damai untuk Obama Lewat Bedug Istiqlal
    Amal Jariyah Lewat Buku
    Manhaj Perlawanan Ini (Sebuah Renungan Singkat Buat Mujahid di Jalan Allah)
    Berdakwah Via Pencak Silat dan Nasyid
    Musik Sufi Mampu Hadir Sampaikan Pesan-pesan Moral
    Ikhlas dalam beramal
    Pesan Wakil Mursyid Am : Fitnah Hanya akan Kuatkan Barisan Jama'ah

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Next Prev
    ▲Top▲